Kamis, 30 Agustus 2012

0

Mozilla Rilis Firefox 15, Mendukung Untuk Game 3D

  • Kamis, 30 Agustus 2012
  • Share

  • Firefox
    Selasa 28/08/2012, Mozilla secara resmi mengumumkan peluncuran Firefox 15, versi baru dari browser web open source. Perubahan baru pada Firefox 15 yang tidak ada pada Firefox sebelum-sebelumnya adalah adanya beberapa tambahan perangkat penting, termasuk pengembangan built-in dan dengan dukungan mutakhir untuk standart web yang mendukung game canggih. Secara umum, Firefox 15 memperkenalkan fitur baru yang mampu mengurangi cache bagi penggunanya yang mengandalkan banyak add-ons. Rilis ini senada dengan Google Chrome yang merilis versi terbarunya yang  permudah trend voice dan video
    Saat ini teknologi web modern semakin mampu mendukung multimedia interaktif yang biasanya hanya tersedia melalui plugin atau aplikasi asli. Para pengembang web, kini sudah mulai menawarkan sebuah web dengan kemampuan yang dapat memuaskan dengan pengalaman bermain game.
    Mozilla sudah bekerja pada beberapa fitur yang relevan, termasuk API untuk menampilkan konten mode fullscreen, dukungan untuk penguncian mouse, dan real-time yang canggih dengan fungsi audio-mixing. Sebenarnya awal tahun ini, Mozilla sudah meluncurkan sendiri real-time player game pertualangan yang diberi nama BrowserQuest dengan tujuan untuk menampilkan gameplay HTML5.
    Pada Firefox 15 ini, Mozilla juga sudah menambahkan dukungan untuk kompresi tekstur di WebGL, menurunkan overhead dengan menggunakan gambar yang beresolusi tinggi untuk memori video. Firefox 15 juga mendukung presisi waktu yang cukup tinggi pada API baru yang akan memberikan dukungan untuk pengukuran waktu sampai sub-milidetik agar menjadikan game dengan latency yang cukup rendah, animasi menjadi halus, dan audio yang benar-benar sudah disesuaikan.
    Demo dilakukan pada BananaBread, game penembak orang pertama dengan 3D. Pada demo ini menawarkan contoh yang sangat menarik dari yang saat ini pengembang dapatkan dengan WebGL, dikompresi tekstur, pengunci mouse, dan dukungan fullscreen. Mesin BananaBread adalah contoh penggunaan JavaScript dan WebGL dari sebuah mesin game 3D. Demo awal ini dilakukan oleh, Dr Alon, seorang peneliti dari Mozilla dengan menggunakan Emscripten, alat LLVM berbasis canggih untuk perubahan sourcecode C/C++ ke dalam JavaScript.

    Keseluruhan fitur firefox 15

    Firefox 15 ini dibuat dengan belajar dari pengalaman saat Mozilla merilis Firefox 10 pada bulan Januari lalu. Mozilla mengambil fitur browser built-in, Web konsol, JavaScript, dan CSS editor. Pada Firefox 15 ini ada penambahan sarana lain untuk lineup seperti “debugger JavaScript interaktif”. Debugger ini memungkinkan para pengguna untuk mengatur breakpoints, dan melihat keadaan variable saat melakukan eksekusi.
    Mozilla sendiri memiliki dedicated “MemShrink” yaitu tim yang terus bekerja untuk meningkatkan efisiensi memori browser. Pada Firefox 15, Mozilla sudah berhasil mengurangi cache secara keseluruhan. Seperti yang dikabarkan pada tahun lalu, kebocoran pihak ketiga add-ons adalah salah satu penyebab terbesar dari sampah memori (cache) pada Firefox.
    Fitur baru yang signifikan pada Firefox 15 adalah dukungan penuh untuk update background. Fitur ini sudah cukup lama tertunda yang membuat siklus update cepat Firefox kurang menyakinkan penggunanya. Sebagai pengembang Mozilla, Ehsan Akhgari menjelaskan dalam blognya, pengembangan fitur harus dilaksanakan dengan sangat hati-hati untuk menghindari pengguna tidak lagi melakukan update.

    Download Firefox 15

    Firefox 15 tersedia untuk di-download dari situs web Mozilla disini.

    0 Responses to “Mozilla Rilis Firefox 15, Mendukung Untuk Game 3D”

    Posting Komentar

    Silahkan beri kesan/kritik/saran/pertanyaan di kotak ini: